Translate

Meniru Gaya Hidup Sukses dan Makmur Etnis China

Pandangan Sukses ala Orang China


   Merupakan sebuah rahasia umum bahwa kebanyakan orang china selalu dapat meraih kesuksesan di setiap bidang usaha nya. Besar nya dominasi orang-orang china di sektor perdagangan Indonesia bahkan Asia telah menjadi sebuah perbincangan hangat apa sebenarnya keunggulan mereka untuk meraih kesuksesan.

   Hasil kajian Fujitsu Research di Tokyo mengemukakan bahwa dari daftar perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia, sekitar 73% dikuasai oleh etnis cina. Berikut dibawah ini saya akan membagikan beberapa pandangan sukses yang dianut banyak Etnis Cina dari buku yang saya baca diantaranya sebagai berikut:

1. Orang Cina lebih memilih Sektor Perdagangan ketimbang Pertanian.


Jika melihat sejarah kehidupan manusia terdahulu kebanyakan orang-orang makmur adalah mereka para kaum bangsawan yang memiliki banyak tanah untuk pertanian dan mereka para pedagang. Para perantau dari China (Hoa Kiau) mereka memilih berdagang sebagai strategi bertahan hidup mereka. sebab, sebagai perantau mereka tidak memiliki lahan pertanian yang dapat memberi mereka jaminan hidup.

Pertanian membutuhkan lahan yang sanngat luas berbeda dengan perdagangan yang berfokus pada lokasi strategis yang mudah dijangkau pembeli, Tidak jarang orang cina yang mampu memanfaatkan lahan kecil dibawah 10 meter untuk berdagang dan menghidupi seluruh anggota keluarga mereka.

2. Berpegang teguh pada ajaran Konfusionisme! (Hopeng, Hong Sui, Hokie)


Konfusianisme adalah salah satu aliran filosofis yang menonjol di Cina kuno (Analecta-Analecta) (551-479 SM). Ajaran ini merupakan moral yang didasarkan pada tradisi-tradisi tua. Selain ini orang cina juga disemangati oleh nilai Hopeng, Hong sui, Hokie:

A. Hopeng

Hopeng digunakan sebagai acuan prilaku bisnis golongan cina, merupakan cara untuk menjaga hubungan baik dengan relasi bisnis. Tanpa  hubungan yang baik dengan relasi maka dipastikan sebuah usaha  tidak akan berkembang.

Contoh: Kesetiakawanan, Kepercayaan, Saling Bantu.

B. Hong Sui

Hong sui adalah sebuah kepercayaan pada faktor-faktor alamiah yang menunjang nasib baik dan nasib buruk manusia. Hong sui sangat erat kaitan nya dengan intuisi dan logika bisnis maka jangan teralu dipandang takhayul / mistis ketika mendengar kata Hong sui.

Contoh: Glodok, Mangga Dua, dan Pluit, adalah daerah yang ramai dan menguntungkan dari segi bisnis, maka didaerah tersebut bagus secara Hong Sui untuk berdagang di sekitaran sana.

C. Hokie

Hokie adalah nilai yang menyangkut peruntungan dan nasib baik. Hokie membimbing orang cina untuk menyisiati nasib agar selalu mendapat peruntungan.

Contoh: Jika sang kakek terjun dalam Bisnis jual Pakaian, maka setiap turunan nya harus berjualan pakaian karena memang sudah hoki nya disitu. Hal ini dipandang tahayul padahal alasan logis nya adalah dengan menerapkan bisnis keluarga seperti diatas maka relasi akan terbentuk kuat dan ini merupakan keuntungan yang belum tentu dimiliki pengusaha lain.

3. Orang Cina Selalu membangun Jaringan Bisnis! (GUANXI)



Jaringan sosial etnis cina disebut Guanxi. Guanxi adalah semangat untuk mengembangkan dan melindungi sumber pendapatan keluarga agar kelangsungan hidup dapat terjamin. Dengan semangat ini orang cina mampu membangun jaringan yang luas dan potensial untuk mengembangkan Bisnis.

Dalam menambah jaringan orang-orang cina sangat menentang praktek usaha Isolasi (memperkuat diri sendiri), mereka saling menjual dan membeli produk dagangan sesama mereka, bertukar informasi, meminjam dan memberi pinjaman uang, serta mencari dan memberi saran. Mereka sangat menekankan penting nya rasa saling percaya.

4. Tidak Mudah Memberikan Kepercayaan Pada Orang Lain!



Orang Cina pada umunya cenderung percaya pada orang lain setelah melakukan kerja sama, dengan begitu mereka baru bisa melakukan penilaian terhadap orang lain karena sudah terjadinya kerja sama maupun kesepakatan ketimbang hanya kata-kata maupun janji. Makin kuat rasa percaya seseorang, makin kuat kerja samanya.

Inilah alasan mengapa jarang sekali orang cina kena tipu. Mereka lebih senang memberikan kepercayaan pada keluarga mereka sendiri, tak heran di beberapa kios orang cina yang menjadi kasir adalah anak mereka sendiri walau masih berusia anak-anak.

5. Mereka Hidup dalam Komunitas penuh Motivasi!



Orang-orang cina sangat sadar bahwa untuk meraih kesuksesan dalam segala aspek kehidupan, harus ada dua hal penting, yaitu motivasi dan kemampuan.

Jika membandingkan dan berkaca pada keluarga keturunan cina, mereka memotivasi anak-anak mereka untuk mencapai satu tujuan agar mereka mengerti untuk apa mereka melakukan hal tersebut dan memiliki kemampuan dalam hal pengelolaan, berbeda dengan keluarga etnis lain yang memotivasi anak mereka untuk hanya sekedar mendapat reward atau hadiah.

Beberapa Ilmu yang saya sampaikan diatas didapat setelah saya membaca buku berjudul "Resep Sukses Bisnis Ala Orang Cina", Terima Kasih atas penulisan buku tersebut sehingga saya lebih termotivasi dan dapat membagikan pengetahuan yang saya miliki kepada teman-teman semua yang membaca blog ini.

Info Buku:


Judul: Resep Sukses Bisnis Ala Orang Cina
Penulis: Haikal Munarwan
Penerbit: Araska
Kota: Yogyakarta
Tahun: 2011





TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI BLOG KAMI

Artikel Menarik Lain:

Rahasia Sukses dalam Kehidupan Sosial dan Bisnis 

Inilah Alasan Mengapa kita Jangan Membenci Orang 

10 Kata Bijak yang Buat anda lebih Positif & Produktif 

Kunjungi Juga:



No comments: