Translate

Penting Nya Sedekah Sebuah Artikel Refleksi Diri by Yoscar Elfino

Refleksi Diri

"Penting nya Sedekah"



Pada saat saya remaja, khususnya waktu SMP. Saya tidak begitu memahami apakah itu arti sedekah, sedekah yang saya ketahui adalah memasukan uang kedalam kotak amal atau memberikan pengemis uang jika mereka minta. Ternyata sedekah bisa dilakukan lebih dari sekedar uang. Tidak seperti yang saya pikirkan bahwa sedekah selalu berkaitan dengan uang.
 

Pada saat itu, saya tergolong orang yang cuek akan nasib orang lain pernah terlintas di fikiran saya bahwa mereka (pengemis) hanyalah orang orang yang malas berusaha. Mereka memanfaatkan keadaan agar dikasihani dan merasa tidak perlu bekerja. Jadi menurut saya mereka tidak perlu di kasihani.


Setelah saya mendengarkan ceramah sewaktu masuk SMA saya sadar bahwa penting nya sedekah untuk setiap manusia, baik untuk diri sendiri maupun untuk kehidupan orang lain. Yang membuat saya ingin sedekah awalnya karna saya merasa sedekah adalah bagian dari kebutuhan hidup saya. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sedekah. Selain untuk kesehatan itu juga dapat mempengaruhi moral kita sebagai manusia. Penelitian terbaru pun menyebutkan berbagi makanan dengan orang lain dapat membuat seseorang jadi lebih baik. orang yang suka berbagi makanan dengan keluarga cenderung lebih altruistik (tidak mementingkan diri sendiri). 


Berbagi makanan membuat saya berpikir tentang keadilan, karna saya merasa prihatin sekali melihat banyak sekali anak anak di lingkungan hidup saya yang sampai malam masih memulung plastic demi memenuhi kebutuhan hidup mereka (makan) untuk besok melainkan hari itu juga. Saya pernah di datangi oleh seorang pemuda yang sudah memiliki istri dan seorang anak, kala itu dia meminta bantuan pada saya. Mereka minta di belas kasihani yang mereka punya ialah setengah liter beras dan mereka pada malam itu tidak tau harus memakan apa selain beras yang mereka miliki, lalu saya berikanlah uang agar mereka dapat membeli lauk pauk untuk kebutuhan mereka.

Yang terbesit di pikiran saya adalah, betapa beruntung nya saya terlahir di keluarga utuh memiliki ayah yang dapat memberikan kebutuhan hidup bagi kami setiap hari nya, banyak di luar sana orang yang bersedih karna tidak tau apa yang harus mereka makan, saya di kelarga saya justru merasa kelebihan makanan. Dengan berbagi makanan / sedekah saya merasakan telah member keadilan bagi sesama saya manusia. Dengan begitu mereka yang saya beri dapat merasakan apa yang saya terima.


Asulullah Shallahu ‘alaihi Wassallam bersabda: “Sedekah dapat menolak 70 macam bencana, yang paling ringan diantara bencana itu adalah penyakit kusta dan sopak.” (HR. Thabrani). Itulah yang diajarkan oleh Agama saya, Agama Islam. Maka dengan Hadits tersebut saya merasa sedekah selain datang dari hati nurani, melainkan sebuah kebutuhan serta perlindungan untuk kehidupan pribadi.