Translate

Inilah Alasan Mengapa kita Jangan Membenci Orang

Hindarilah Perasaan Benci

Benci adalah suatu keadaan perasaan/emosi yang menggambarkan ketidak sukaan, permusuhan, antipati. bisa jadi karena sakit hati, ada ketidaksesuaian dengan perasaan, sehingga timbul rasa untuk menghindar, menjauhi, atau bahkan melenyapkan hal yang di benci tersebut (seseorang, fenomena, benda,)

Dalam kehidupan sehari-hari perasaan Benci terhadap sesuatu maupun kepada seseorang umum nya sangat kerap kita jumpai, perasaan tersebut bisa saja muncul seketika terhadap orang yang kita kenal maupun orang yang baru saja kita temui.

Berikut beberapa Alasan mengapa sebaik nya kita tidak membenci orang lain:

1. Menimbulkan Penyakit Hati

Perasaan membenci yang muncul dalam diri anda jangan lah anda pelihara, karna lambat laun itu semua akan menjadi kebiasaan yang ber - ulang. Semakin sering anda membenci sesuatu maka otak anda akan ter doktrin dengan hal hal yang tidak baik seperti:
  1. Sombong
  2. Iri / Dengki
  3. Merasa diri sendiri lebih baik
  4. selalu berfikir negatif akan orang lainn
Maka mulai sekarang hindarilah perasaan untuk membenci seseorang, mulailah dengan cara belajar menerima kekurangan orang lain dan menghargai pendapat orang lain.


 2. Menghalangi Peluang dan Rejeki


Rasa benci dapat menghalangi anda mendapatkan peluang / Rejeki menuju kesuksesan, mengapa bisa sedemikian?. Dengan anda membenci maka anda akan menjauhi apapun hal yang berkaitan dengan hal tsb, yang bisa saja didalam hal itulah anda akan mendapatkan peluang didalam nya.

Contoh:
- Dalam Bidang Pendidikan:
Asumsikan anda adalah Siswa, di satu sisi anda membenci si A, namun si A tersebut bergaul dengan si B yang pintar matematika, dan si C yang pintar Fisika. Maka sudah terbayangkan anda tidak akan bergaul dengan B dan C untuk menghindari keberadaan si A. di saat itulah anda sudah kehilangan peluang untuk sukses di pelajaran hitung-hitungan.



- Dalam Kehidupan Sosial:
Membenci seseorang dapat menimbulkan kesan buruk dalam diri anda, orang yang selektif memilih pergaulan akan merasa takut bergaul dengan anda karena ada kemungkinan ia dapat di benci pula dengan anda.

3. Dijauhi Teman dan Orang Terkasih


Manusia tidak luput dari kesalahan dan kekurangan, ini bisa saja terjadi di kalangan terdekat anda. Sebaiknya buka kan lah pintu maaf untuk setiap orang, dengan membenci orang terdekat anda secara terus menerus akan menimbulkan ketidak nyamanan dalam diri mereka.

Mereka yang sudah  merasa di benci oleh anda, akan sangat mudah meninggalkan anda tanpa memikirkan masa-masa indah yang telah kalian lalui bersama, jadi sebaiknya hindarilah perasaan benci yang berlebih terhadap orang yang anda kenal baik.

4. Tidak Open-Minded (Berfikiran tertutup dan Sempit)


Rasa Benci akut akan membuat fikiran anda sempit dan tidak berkembang, efek nya anda akan merasa diri anda lah yang paling benar dan menolak persepsi yang diberikan oleh orang lain. 

Penting sekali untuk selalu berfikiran terbuka dan dapat  menerima persepsi yang diberikan oleh orang lain, termasuk dari orang yang paling anda benci sekalipun. Mempertahankan ego diri sendiri tidaklah membuat anda berkembang dan menjadi hebat melain kan membuat diri anda menurun dan berfikiran sempit.

5. Hidup dengan Keadaan dan Perasaan tidak Nyaman setiap saat



Perasaan benci membuat kita menolak segala hal yang berhubungan dengan sesuatu yang kita benci baik itu seseorang maupun sesuatu benda. Perasaan inilah yang memaksa kita menjauh dari hal hal yang berada di dekat kita, tidak enak bukan?

Asumsikan lah anda sangat membenci atasan anda di kantor, namun karena anda membutuhkan pekerjaan dan upah itu anda memaksa diri untuk datang ke kantor setiap hari nya. tanpa disadari anda sudah berada dalam keadaan tidak nyaman setiap harii nya.

No comments: