Translate

Cara Efekif Picu Efektifitas & Kinerja Otak Manusia | Blog Indonesia by Yoscar Elfino

Cara Sederhana Memicu Efektifitas Otak!


1. Pahami kebutuhan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi

Makanan yang kita konsumsi sebaiknya mengurangi risiko pembentukan kolestrol, cara ini dapat kita lakukan dengan banyak mengkonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3. karena makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 penting untuk fungsi otak yang dapat meningkatkan memori dan konsentrasi berfikir dan melindungi dari serangan jantung.

Makanan kaya akan asam lemak omega-3:
  •  Ikan (Sraden, Salmon)
  • Kacang - Kacangan'
  • Roti-rotian
  • Sereal 
  • Pasta
Konsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin B (B1,B3,B5,b6,b12) Vitamin B dapat dijumpai di buah-buahan, sereal, serta minuman susu. kekurangan Vitamin B dapat menyebabkan susah konsentrai, mudah galau karna suasana hati berubah-ubah, gugup sulit santai dan tidur. lebih oarah nya lagi dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Hal lain yang menyebabkan turun nya efektivitas otak manusia adalah disebabkan depresi dan stress. untuk menghindari hal tersebut ada baiknya kita  mengkonsumsi buah seperti pisang, jeruk, dan kiwi yang mengandung asam folat dan vitamin C.

Anda juga membutuhkan magnesium untuk menjaga ke-stabilan suasana hati agar tetap dalam keadaan yang baik. magnesium dapat ditemukan di pisang, wijen, almond, dan susu.

2. Jangan Lupa Berolahgara!

Hal ini adalah mudah dan menyenangkan selain dapat menajamkan kemampuan otak manusia, olahraga juga menyehatkan jasmani dan menenangkan rohani. Rajin berolahraga secara rutin menguatkan dorongan fisik yang dapat memacu neurogenesis.

Jika olahraga dirasa sulit bagi anda untuk meluangkan waktu, maka dapat memulai melakukan senam otak. Seperti: Mengisi TTS, bermain sudoku, rubik, catur.

3. Menjadi pribadi yang positif! bertujuan jelas dan memiliki target hidup.

Orang bisa menjadi gila karena selalu memikirkan hal yang negatif, kita tau orang gila adalah orang yang  otak nya sudah tidak sehat. Biasakan-lah diri kita untuk terus berfikir positif dengan cara merubah mindset buruk, berfikirlah dengan orientasi masa depan yang cerah

Banyak hal-hal baru di dunia ini yang harus otak kita ketahui dan pelajari, maka dari itu otak juga harus berkembang meski kita sudah tua. tetapkan target hidup setinggi mungkin agarotak terdorong untuk terus berkembang.

4. Ajak teman untuk berlibur dan berolahraga bersama!

Otak juga perlu bereksplorasi, terbiasa berada di tempat yang sama  membuat caraberfikir kita sempit, datangi tempat-tempat yang baru bagi anda maka otak anda akan secara otomatis memberikan perhatian lebih pada lingkungan.

Salah satu kemampuan otak adalah merespon, menerima serta menyampaikan informasi. lakukanlah interaksi sosial yang baik cara ini dapat dimulai dengan berkomunikasi dengan orang terdekat anda, bicarakan hal hal yang menghibur agaranda terbawa karena otak butuh hiburan. lewattertawa otak akan menstimulasi dirinya agar lebih tajam lagi.

No comments: