Translate

Mengenal Hidup Sehat, Alasan dan Manfaat menjadi Vegetarian.


 Mengenal Hidup Sehat, Alasan dan Manfaat menjadi Vegetarian.

 


    Di Era hidup modern ini setiap manusia dituntut untuk melakukan segala aktivitas dan pekerjaan secara Flexibel dan serba Instant. Hal inilah yang menyebabkan kurang nya kesadaran manusia untuk lebih banyak bergerak dan berolahraga karena segala macam aktivitas kini sudah digantikan oleh mesin, serta muncul nya trend untuk mengkonsumsi berbagai makanan instant dan Fast Food menjadi jawaban setiap orang mengapa manusia jaman sekarang lebih mudah terkena berbagai macam penyakit di usia muda. Salah satu cara untuk tetap menjaga kesehatan selain olahraga adalah memilih untuk menjadi vegetarian, berikut beberapa alasan dan manfaat yang akan kita dapatkan jika menjadi vegetarian.

A. Apa itu Hidup Sehat?

Hidup sehat sering diartikan sebagai kehidupan  dimana anda terbebas dari 2 masalah. yaitu, masalah rohani (mental) dan Jasmani (Fisik). Artinya jika anda tidak memiliki problem dengan mental anda maupun kebugaran anda tidak ada masalah anda dapat dikategorikan sebagai pribadi yang sehat.

B. Jenis jenis Vegetarian

 
 1. VEGAN
Vegan dikategorikan sebagai jenis vegetarian ketat, orang yang melakukan pola diet Vegan tidak mengkonsumsi segala jenis makanan dan minuman yang mengandung unsur hewani. selain menolak untuk mengkonsumsi hewan umumnya para vegan juga menghindari segala produk yang berbahan dasardari hewan untuk digunakan.
Kaum Vegan tidak mengkonsumsi madu (sebagian), yoghurt, susu, mentega, royaljelly, Segala jenis daging, ayam-ayaman, dan juga ikan dan makhluk hidup air lain nya.


2. SEMI - VEGETARIAN
Semi Vegetarian adalah sebutan bagi mereka yang tetap memakan unggas dan juga ikan-ikanan dan juga beberapa makanan hasil olahan hewan tersebut namun tidak dalam jumlah yang besar.

3. VEGETARIAN OVO
Sama seperti kamum Vegan, mereka pun tidak mengkonsumsi daging, unggas, ikan, produk susu, (usur hewani), naum mereka tetap mengkonsumsi telur.

4. VEGETARIAN LACTO
Jenis vegetarian ini tidak memakan segala jenis daging, unggas, dan telur. namun meminum susu masih diperbolehkan. mereka pun menghindari komsumsi bawang bombay dan bawang putih.

5. VEGETARIAN PESCO
Jenis Vegetarian ini menghindari segala jenis makanan dan minuman yang mengandung unsur hewani darat, namun tetap memakan ikan serta berbagai produk olahan nya.
6. VEGETARIAN POLLO
Jenis vegetarian ini tidak makan dan minum unsur hewani seperti daging dan susu serta olahan nya,  namun tetap memakan unggas dan ikan dalam periode atau dalam keadaan tertentu.

 7. LACTO-OVO VEGETARIAN
Jenis Vegetarian ini tidak memakan dan minum makanan yang mengandung unsur hewani, tetapi anda tetap dapat memakan telur dan meminum susu serta beberapa produk olahan hewan seperti Yoghurt, keju, mentega.

C. Alasan Menjadi Vegetarian


Menjadi vegetarian sebenar nya bukanlah suatu kewajiban umat manusia, namun banyak manusia di era modern seperti ini menyadari penting nya hidup untuk menjaga kesehatan dengan harapan dapat hidup lebih lama dan memelihara berbagai fungsi organ tubuh (Jantung, Sel darah, dsb) agar tetap dapat bekerja optimal. Tak sedikit pula orang yang melakukan Vegetarian dengan alasan peduli terhadap lingkungan dan adanya kesadaran untuk tidak menyakiti binatang.

D. Manfaat menjadi Vegetarian

 Manfaat yang dapat anda rasakan sebagai seorang vegetarian adalah memperoleh pola hidup yang sehat dan baik, umumnya para penganut  pola hidup vegetarian memiliki moralitas yang lebih baik ketimbang yang bukan, hal ini juga di dukung oleh beberapa filsuf terkenal seperti: Plato, George Shaw, dan beberapa orang lain nya.

Berikut beberapa manfaat menjadi Vegetarian:

1. Mengurangi Berat Badan
Vegetarian sangat cocok bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan anda, menerapkan pola hidup sehat dan melaksanakan vegetarian dapat menjadi alternatif pendukung anda untuk mengurangi berat badan anda.
2. Menjadi Pribadi yang Lebih damai
 Kebanyakan makan daging dapat membuat asupan karbohidrat anda tidak teratur, hal ini berdampak kepada mood anda yang akan tidak stabil.
3. Memelihara Kesehatan Kulit
Menerapkan pola vegetarian artinya memungkinkan anda untuk mengkonsumsi lebih banyak sayur-sayuran, hal ini membuat kandungan mineral dan antioksidan anda lebih tercukupi, keuntungan yang akan anda dapat adalah melancarkan sirkulasi darah dan menjaga pigmen kulit tentunya anda akan terlihat selalu segar dan awet muda.
4. Tidak Mudah Sakit dan meningkatkan energi
 Dalam sebuah penelitian, atlet yang menjalankan diet vegetarian mendapatkan ketahanan 3 kali lebih banyak daripada atlet yang tidak menjalankan diet vegetarian
5. Menghindari Racun pada makanan
Daging-dagingan banyak berisi racun berbahaya dan kontaminan lain seperti hormon, herbisida dan pestisida, dan antibiotik. Karena semua racun ini larut dalam lemak, mereka terkumpul pada daging lemak hewan. Ini belum termasuk virus, bakteri dan parasit seperti salmonela, trichinella dan berbagai macam cacing, dan parasit toksoplasmosis
6. Asupan makanan anda lebih Bergizi
Pola makan vegetarian mencegah anda untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar kolestrol dan lemak yang tinggi. banyak makan sayuran membuat anda mengkonsumsi protein dan vitamin lebih banyak.
 7. Menambah Keharmonisan Rumah Tangga
Zat nabati yang didapati dari beberapa jenis buah-buahan dan sayuran dipercaya dapat meningkatkan Libido dan hormon seksual, bahkan ada penelitian yang menyimpulkan aroma tubuh seorang vegetarian lebih menggoda ketimbang mereka yang memakan daging.

 E. Jenis Vegetarian yang cocok bagi Pemula

Harus diakui untuk merubah prinsip dari omnivora menjadi vegetarian bukan lah hal yang mudah, apalagi ini untuk anda yang hidup didalam kota dimana tempat berkumpul nya segala jenis makanan instant dan fast food yang tidak sehat. namun jangan berkecil hati sebaiknya anda memulai menjadi vegetarian dengan menganut jenis "Lacto-Ovo Vegetarian".

Jenis vegetarian ini dirasa cukup mudah bagi anda seorang pemula, hal yang anda harus perhatikan adalah dengan tidak memakan segala jenis daging dan ikan-ikanan, namun anda tetap bisa mengkonsumsi telur sebagai ganti lauk anda dan juga anda tetap dapat meminum susu dan segala jenis bentuk olahan nya seperti keju dsb.

Kunjungi Juga: